Friday

Tugas 1 Sejarah Perekonomian

Untuk Postingan kali ini saya akan kembali berbagi tentang tugas kuliah saya. Kali ini adalah tugas mata kuliah Sejarah Perekonomian. kurang lebih berikut ini jawabannya.
1. Jelaskan perbedaan sejarah perkembangan ekonomi menurut Karl Bucher dan Frederic List!
a. Sejarah perkembangan ekonomi menurut Karl Bucher dibagi menjadi tiga macam rumah tangga yaitu :
- Keluarga Tertutup atau masyarakat agraris.
Di rumah tangga ini, produksi dilakukan oleh anggota keluarga sendiri dari berbagai sektor seperti perburuhan, perikanan, pertanian dan peternakan serta hasil nya pun digunakan di rumah tangga. Oleh karena itu, dalam rumah tangga ini tidak terjadi adanya pertukaran barang antar rumah tangga.
- Kota Tertutup atau masyarakat kota
Pada rumah tangga ini, hasil produksi selain digunakan unutk keperluan rumah tangga, juga untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jadi bisa dibilang rumah tangga bagian ini sudah lebih maju karena sudah ada pertukaran.
- Rakyat atau masyakarat kapitalis
Dalam rumah tangga ini, hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar.
b. Menurut Frederick List, sejarah perkembangan ekonomi lebih memfokuskan pada jenis-jenis mata pencaharian penduduknya, yang dibagi menjadi lima macam yaitu :
- Perburuhan dan perikanan
- Peternakan
- Pertanian
- Pertanian dan kerajinan setempat
- Pertanian dengan industri serta perdagangan internasional
Frederick List juga menambahkan bahwa kemakmuran suatu masyarakat tidak hanya ditentukan berdasarkan jumlah produk dan pendapatannya, tetapi juga dari tingkat pemerataan pendapatannya.
2. Jelaskan kaitan antara enclosure dengan bidang perikanan!
Kaitan antara enclosure dengan bidang perikanan bisa dibilang hubungan sebab akibat. Ketika kebijakan enclosure diterapkan maka banyak dari penyewa tanah kehilangan tanahnya dan terpaksa bekerja pada tuan tanah sebagai buruh atau bekerja sebagai pengrajin pada usaha kerajinan rumah tangga dengan upah yang rendah. Kemudian sebagian memilih bekerja sebagai nelayan. Dari sinilah sektor perikanan mulai berkembang. Jadi kesimpulannya adalah bidang perikanan mulai berkembang karena adanya penerapan kebijakan enclosure yang mengakibatkan banyak penyewa tanah kehilangan tanahnya sehingga beralih menjadi nelayan.

3. Jelaskan pengertian dari octrooi!
Octrooi adalah piagam yang diberikan oleh pemerintah Belanda yang berupa hak perniagaan tunggal di Indonesia beberapa tahun. Kebijakan pemerintah ini diberikan untuk menghindari besarnya persaingan antar perserikatan dagang yang dibentuk di beberapa kota di Indonesia.

Sobat Blogger itu tadi soal plus jawaban saya pada tugas 1 sejarah perekonomian. semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita. kalau ada yang salah mohon koreksinya, dan jangan lupa tinggalkan komentar.

Artikel Terkait

No comments: