Saturday

Berhatilah-hatilah Ketika Menggunakan Smartphone…

Mungkin benar pernyataan bahwa tiada yang sempurna di dunia ini. Semuanya pasti ada kekurangannya. Sistem ataupun teknologi terkini pun tidaklah lepas dari kekurangan, alias tidak sempurna. Demikian juga dengan teknologi yang bisa dibilang memudahkan kita di berbagai bidang ternyata juga tidak lepas dari kekurangan. Hal ini juga yang terjadi pada smartphone. Siapa yang tidak tahu smartphone? Siapa yang tidak menginginkannya? Tanpa kita sadari, teknologi yang telah memberikan kita berbagai kemudahan itu juga dapat menyebabkan penyakit atau gangguan pada penggunanya. Hal ini sering kali disebabkan orang lebih sering menundukkan kepala disaat menggunakan telepon selular, layar computer ataupun tablet. Gangguannya berupa sakit di sekitar leher atau sering disebut text neck. Hal ini disebabkan oleh peregangan leher dalam waktu yang lama yang menyebabkan kerusakan arthritis yang bersifat permanen jika tidak dirawat. Ketika kondisi sudah parah, otot-otot ini akan tertekuk. Akibatnya, ketika akan diluruskan ke posisi yang benar akan terjadi rasa yang menyakitkan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan jaringan dan sendi pada bagian leher tidak dibangun untuk bisa menahan posisi membungkuk dalam kurun waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri jika leher terlalu banyak menahan tekanan. Hal ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, semisal kepala, lengan bahu, dan dapat juga menyebabkan nyeri pergelangan tangan.
Jika hal ini terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan tubuh menyesuaikan dengan keadaan ini secara bertahap. Hal ini akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah. Tim Hutchful dari British Chiropractic Association ini menyebutkan anak-anak lebih berisiko terkena gangguan itu. Hal ini disebabkan karena berat kepala mereka lebih besar dari tubuh sehingga ketika kepala membungkuk ke depan maka otot lebih banyak dipakai.
Tapi tenang saja, sobat blogger tidak perlu takut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal diatas. Caranya dengan istirahat tiap 10 menit, duduk lurus ke depan dengan memegang tablet ataupun telepon lebih tinggi sehingga setingkat dengan mata. Dan tentunya jangan lupa berolahraga secara teratur dan biasakan hidup sehat serta jangan mengabaikan rasa sakit yang timbul agar penyakit bisa dicegah dari awal.

Artikel Terkait

1 comment:

Partitur Musik Klasik said...

baru tau ni infnya gan,
harus hati2 ni make hp..hehe