Saturday

Apa itu CAPTCHA

Saya sangat yakin bahwa Sobat Blogger pernah mendengar atau mungkin melihat / membaca kata “CAPTCHA “. Mungkin diantara Sobat Blogger ada yang bertanya-tanya, Apa itu CAPTCHA ?
CAPTCHA merupakan kependekan dari Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Istilah ini diciptakan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper, dan John Langford pada tahun 2000. CHAPTCHA merupakan jenis respon tes yang digunakan dalam dunia komputasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa user adalah human atau manusia, dan bukan robot. Prosesnya biasanya melibatkan sebuah server yang meminta user untuk menyelesaikan sebuah tes sederhana yang sudah diidentifikasi oleh server tersebut. Dalam hal ini, computer lain diasumsikan tidak mampu untuk memecahkan tes yang dimaksud, sehingga setiap user yang memasukkan solusi yang tepat diduga sebagai manusia. Jenis umum dari CAPTCHA mengharuskan user untuk mengetik huruf dan atau angka dari gambar terdistorsi yang muncul di layar.
Mungkin ada diantara sobat blogger yang bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan CAPTCHA? Sebenarnya apa fungi CAPTCHA? Berikut ada beberapa fungsi dari CAPTCHA.
Mencegah Spam Komentar di Blog
Seperti kita ketahui bersama, ada sebagian Blogger yang suka mengirimkan komentar palsu. Ini dilakukan dengan menggunakan sebuah program. Biasanya tujuannya adalah untuk meningkatkan rangking pada mesin pencari. Ini disebut sebagai spam komentar. Disinilah peran CAPTCHA diperlukan. Dengan menggunakan CAPTCHA, manusia hanya dapat memasukkan komentar di blog. Tidak perlu untuk membuat pengguna mendaftar sebelum mereka memasuki komentar.
Melindungi Situs Pendaftaran
Beberapa perusahaan (Yahoo, Microsoft, dll) menawarkan layanan email gratis. Sampai beberapa tahun yang lalu, kebanyakan dari layanan ini menderita jenis serangan tertentu: "bot" yang akan mendaftar untuk ribuan akun email setiap menit. Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan CAPTCHA untuk memastikan bahwa hanya manusia yang akan memperoleh akun email. Secara umum, layanan bebas harus dilindungi dengan CAPTCHA untuk mencegah penyalahgunaan oleh program otomatis.
Mencegah Serangan Kamus
Selain hal diatas, CAPTCHA juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya serangan kamus dalam sistem sandi. Idenya sederhana: mencegah komputer dari mampu iterate melalui seluruh ruang dari password dengan mengharuskan untuk memecahkan CAPTCHA setelah sejumlah login gagal.
Search Engine Bot.
Worms dan Spam
CAPTCHA juga menawarkan solusi yang masuk akal terhadap cacing email dan spam: ". Saya hanya akan menerima email jika saya tahu ada manusia di balik komputer lain" Beberapa perusahaan sudah memasarkan ide ini.
Setelah kita mengetahui fungsinya, sekarang kita akan membahas bagaimana aplikasi CAPTCHA ke website.
Jika website Anda membutuhkan perlindungan dari spammer, Anda dapat menggunakan CAPTCHA. Namun dalam penggunaanya, ada beberapa pedoman yang sangat disarankan, antara lain :
Aksesibilitas
CAPTCHA harus dapat diakses, CAPTCHA hanya didasarkan pada teks membaca - atau persepsi visual-tugas - mencegah robot atau mesin dari mengakses sumber daya yang dilindungi. Selain berbentuk visual, sekarang CAPTCHA juga ada yang berbentuk audio. Hal ini dilakukan untuk memudahkan bagi user tunanetra.
Security Image Gambar
Dari teks harus terdistorsi secara acak sebelum disajikan kepada user. Banyak implementasi CAPTCHA menggunakan teks terdistorsi, atau teks dengan hanya distorsi kecil. Implementasi ini rentan terhadap serangan otomatis yang sederhana.
Keamanan Script
Membangun sebuah CAPTCHA yang aman tidak mudah. Selain membuat gambar terbaca oleh komputer, sistem harus memastikan bahwa tidak ada cara mudah sekitarnya di tingkat script.
Meskipun kelihatannya aman, sebuah CAPTCHA masih mempunyai celah yang mungkin masih bisa ditembus, diantaranya :
Mengeksploitasi bug dalam pelaksanaan yang memungkinkan penyerang untuk sepenuhnya bypass CAPTCHA
Meningkatkan perangkat lunak pengenalan karakter, atau
Menggunakan murah tenaga manusia untuk proses tes.


Sobat Blogger, kita sudah membahas tentang fungsi, pedoman pemasangan, sampai celah yang mungkin bisa ditembus. Semoga coretan yang sedikit dan jelek ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahkan dikoreksi, dan jangan lupa tinggalkan komentar.

sumber : kaskus

Artikel Terkait

11 comments:

chelonia said...

Nice info gan..
sukses selalu, saling support trafick di sini.

Berbagai Informasi Trik dan Tips said...

sopport traffik buat bersama


by http://zhayhacker.blogspot.com/

beritagoogle.Com said...

sepp saya juga pake captcha di coment gan biar ga ada spam kemaren sempat di kunjungi gan sekarang insyaallah tidak ada lagi ^_^

semoga sukses ya agan ^_^

El3kTr0 said...

Daily visit and support Done ;) Happy weekend :)

BlogS of Hariyanto said...

great blog and nice share post :)
happy visiting here my friend

Fazri said...

jaman sekarang ada aja org iseng sob atau tangan jail. mangkanya CAPTCHA dibuat supaya ga ada tuh yg namanya SPAM. ya ga..!! nice info

Shinobi Caemk said...

saya sering nemuin captha yg aneh gitu tulisannya setiap saya mau comment yg pake captha.. :)

bagas said...

artikel manfaat. trims.

Copas 4 Islam said...

saya pribadi ga suka capca...

Ajangnya orang Sumba berbagi Ilmu Pengetahuan said...

Informasi menarik dan bermanfaat sob

boolabundar said...

info yg sangat bagus..ternyata fungsu dari captcha banyak banget yah..terimakasih bro & salam kenal