Thursday

Tampilan ‘nyentrik’ Windows 8

Helo sobat blogger semua, masih rajin ngeblog kan? Yah, jangan pernah bosan ngeblog, mari kita ngeblog, mari berbagi informasi, dan mari saling berbagi tips, syukur juga berbagi klik, hehehehehe…

Untuk postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yang saya tahu kepada temen-temen blogger semua. Belum begitu lama (ini menurut saya lho…) perusahaan terkemuka di dunia, Microsoft, meluncurkan OS terbaru yaitu Windows 7. Saya yakin sampai sekarang belum semua orang sudah memakainya. Meskipun begitu, perusahaan raksasa tersebut baru-baru ini telah memperkenalkan produk OS yang teranyarnya, yaitu Windows 8. OS ini tentunya lebih baru dari Windows 7. Waduh waduh, yang lama aja belum sempat nyoba, eh yang baru dah keluar. Presiden Divisi Windows Microsoft, Steven Sinofsky, memperkenalkan Windows 8 ini dalam konferensi BUILD di Anaheim, California, AS, Selasa (13/9/2011). Sinofsky menyebut software versi terbaru ini sebagai "reimagining Windows" karena tampil seperti bener-benar baru dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
Pertanyaannya sekarang adalah, apa yang baru dalam software ini? Apa yang membuat dia berbedia dengan pendahulunya? Sobat blogger semua, ada banyak hal baru yang ditemui di Wndows 8 ini dan belum ada di versi Windows sebelumnya. Berikut daftar 10 yang paling baru yang perlu Anda ketahui di Windows 8:

1. Metro
Dengan Windows 8, era explorer yang menyusun semua dalam bentuk folder berakhir. Dekstop sih tetap masih ada, tapi didesain ulang dengan rancangan yang lebih sederhana dan langsung menyediakan akses kepada user ke berbagai aplikasi yang dimilikinya. Desain desktop baru yang diberi nama Metro ini berisi update informasi mulai dari tanggal, agenda, email, posting di jejaring sosial, serta semua aplikasi yang ada. Desain Metro ini sebenarnya bukan hal baru. Microsoft sudah memperkenalkannya di Windows Phone 7 untuk smartphone. Namun, untuk Wiondows di PC dan tablet, ini pertama kalinya.

2. Internet Explorer 10
IE 10 akan memungkinkan user melakukan pencarian baik data di dekstop maupun web lewat mesin pencari Microsoft Bing. User juga bisa menggunakan virtual "thumb" dan soft keyboard untuk melakukan aktivitas pencarian tersebut.
Selain sebagai browser, IE 10 juga akan berperan banyak di Metro UI. User bisa melakukan browsing internet dengan versi ringan IE 10. Metro IE 10, demikian versi itu disebut, memungkinkan pengguna mengakses situs yang sering dikunjungi.
Metro IE10 juga memiliki address bar dan set perintah di bagian bawah serta tab di bagian atas. Metro IE 10 juga mendukung privat tab jika user ingin menjalankan fitur InPrivate pada browser. "Draw Mode" akan membantu user melakukan draw di layar sementara "enhance magnifier" membantu user memperbesar bagian layar tertentu saja.

3. Modifikasi Task Manager dan Control Panel
Windows 8 juga memiliki Task Manager yang sudah dikembangkan, dimana aplikasi akan di-list secara independen sehingga user bisa melihat statistik, seperti pemakaian CPU, memori serta kinerja aplikasi.
Selain itu, Control Panel di Windows 8 juga sudah dimodifikasi. Control Panel jadi memiliki interface seinsitif dengan daftar kategori di sebelah kiri dan pilihan kategori di sebelah kanan. User bisa melakukan personalisasi lock screen.

4. Refresh dan Reset
Fungsi Refresh memungkinkan user untuk mengetes dan membandingkan set up sistem lama dan baru dengan bantuan fitur baru disebut Windows Assesment Console. User juga bisa melihat akibat dari set up software terhadap kinerja hardware. Refresh bisa dilakukan tanpa mempengaruhi file.
"Reset" memungkinkan user mengembalikan PC ke setting perusahaan. Pengguna bisa menghapus program yang telah di-install namun tetap mempertahankan akun pengguna dan file personal.

5. Prosesor ARM
Selain mendukung arsitektur chip x86 dari Intel dan AMD, Windows 8 juga bisa bekerja pada perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Misalnya prosesor Nvidia Tegra, Snapragon dari Qualcomm, dan OMAP dari Texas Instrument.

6. Booting super cepat
Waktru booting Window 8 super cepat, hampir mengalahkan waktu yang dibutuhkan oleh monitor untuk menyala, cepet kan??

7. Windows 8 Apps Store
Fitur ini bisa dibilang tak mengejutkan sebab sejak booming-nya Apple Store, banyak pihak mencoba membuat apps store yang serupa. Adanya fitur ini akan menambah senjata Microsoft untuk melawan Apple. Windows 8 Apps Store memberikan insentif bagi pengembang yang membuat aplikasi Metro untuk Microsoft. User akan bisa menggunakan Win32 dan Metro Apps untuk melakukannya.

8. Dukungan Teknologi NFC
Teknologi NFC pada Windows 8 telah dipamerkan dalam konferensi BUILD kemarin. Dengan menggunakan kartu nama yang mendukung NFC, user bisa mengambil alamat web pada kartu nama itu dengan menggunakan tablet lewat langkah sederhana, mengarahkan sudut tablet pada kartu nama itu serta mengambil seluruh notifikasinya.

9. Hyper V Virtualization Technology
Hyper V memungkinkan pengembang untuk mempertahankan mulyiple test environment dan menyediakan mekanisme sederhana untuk berpindah dari lingkungan tersebut tanpa biaya tambahan hardware.

10. Sistem Keamanan Sejak "Booting"
Windows 8 menjanjikan keamanan sejak menyalakan computer.

Sobat Blogger semua, itu tadi sedikit informasi yang bisa saya bagi. semoga bermanfaat dan jangan lupa kasih koment ya...


Sumber :
International Business Times

Artikel Terkait

No comments: