Saturday

5 Jurus Menghindari Jebakan Virus di Chat Facebook

Sobat Blogger semuanya, sejak pertengahan Agustus hingga saat ini banyak pengguna komputer yang dilaporkan terinfeksi serangan sebuah program jahat yang beroperasi di layanan chat Facebook. Ngeri kan mendengarnya? Masa pas lagi asik-asiknya kita chat malah computer kita digerogoti virus!!!!

Sebuah perusahaan keamanan terkemuka, Vaksincom, mendeteksi virus ini sebagai W32/Kolab.xx (Trojan.Click1.xxxx). Menurut Adi Saputra, analis dari Vaksincom, tercatat sudah ada puluhan varian sejak Agustus yang terdeteksi. Wow!!! Salah satunya bahkan tidak dapat terdeteksi oleh hampir semua antivirus ternama.

Segitu hebatnyakah virus tersebut bahkan sampai tidak terdeteksi oleh anti virus? Ngeri mendengarnya. Tapi Sobat Blogger tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari ancaman virus tersebut.
1. Jangan pernah melakukan klik pada link yang dikirim pada Anda, baik itu melalui pesan chat Facebook maupun status.

2. Beritahukan pada teman Anda, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.

3. Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu Anda justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut. Kalo kayak gini berarti Anda malah menjadi distributor virusnya, mau???

4. Jangan pernah meninggalkan Facebook Anda dalam keadaan aktif/login, sebaiknya sebelum pergi Anda logout dulu hingga Anda kembali. Untuk yang ini, selain untuk mencegah virus tersebut, juga untuk menghindari agar akun facebook anda tidak disalahgunakan orang lain.

5. Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat login Facebook, hal ini agar akun Anda tidak mudah diakses oleh orang lain di sekitar Anda.
Sobat Blogger, demikian sedikit tips dan semoga bermanfaat bagi Sobat semua.

Artikel Terkait