Monday

Cara nyaman bepergian dengan Google latitude

Anda akan berangkat mudik? Mau pilih jalur mana? Awas!!!!! Kemacetan selalu mengintai Anda. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir. Ada panduan yang bisa digunakan secara gratis agar tidak terjebak dalam kemacetan yang tentunya saja sangat membosankan. Caranya mudah, cukup gunakan smartphone ataupun tablet PC yang kamu punya.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda pakai adalah Google latitude. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi seputar lokasi di mana penggunanya berada. Ia juga memungkinkan pengguna mengikuti orang-orang tertentu dan melihat posisi di mana ia berada.

Khusus untuk mudik kali ini, lewat akun Google, pengguna bisa menambahkan satu layer, yakni Trafik pada peta yang ada untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas yang terjadi di sana. Jadi Anda sudah tau dulu jalan mana yang macet dan mana yang tidak.

Satu hal yang menarik, tidak seperti aplikasi peta lain yang spesifik untuk smartphone merek tertentu, Google latitude bisa dipasang di smartphone merek apapun termasuk Apple, Nokia, beberapa seri Sony Ericsson dan tentunya ponsel dengan sistem operasi Android.

Untuk mendapatkannya, cukup ketikkan alamat http://google.com/latitude dan download Google latitude versi terbaru (Versi 4.0.0) yang berukuran tidak terlalu besar, sekitar 1,5MB. Ada beberapa versi bahasa, jadi bagi Anda yang mungkin kurang menguasai bahasa inggris, Anda tidak perlu khawatir, versi Bahasa Indonesia juga bisa Anda gunakan. Setelah download selesai, instalasikan aplikasi itu dari tempat di mana Anda menyimpan file instalasi yang didownload tadi.

Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi dan tambahkan layer Trafik di sana. Jalur-jalur yang sedang lancar, padat merayap sampai macet total pun terpampang jelas di sana. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang akan melakukan mudik maupun akan kembali ke tempat kerja Anda setelah libur lebaran. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bias digunakan untuk keperluan sehari-hari semisal untuk bepergian. Tapi satu hal yang mungkin sangat disayangkan, informasi lalu lintas yang disediakan baru di sekitar Jabodetabek.

Artikel Terkait

No comments: